VIDEO Luhut Bangga Pamer Program Hilirisasi yang Bisa Tekan Kemiskinan di Daerah

WARTAKOTALIVE.COM, Jakarta – Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengakui program hilirisasi sumber daya alam (SDA), khususnya di sektor pertambangan dan nikel, mampu menekan kemiskinan di daerah.
Bahkan program utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu disebut-sebut bisa mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.
Dikutip dari Kompas.com pada Kamis (25/1) Luhut pun mencontohkan program hilirisasi yang dilakukan di Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang sudah berhasil menekan angka kemiskinan.

Pada 2015, data angka kemiskinan di Sulteng pada 2015 mencapai 14,7 persen, namun setelah adanya hilirisasi menurun menjadi 12,4 persen di 2023.
“Kalau kita lihat data 2015, itu kemiskinan disana (Sulteng) 14,7 persen, nah data tahun 2023 itu 12,4 % , jadi turun, kemiskinan disana itu dari 14,7 % ke 12,4 % ,” ujar Luhut.
Menurut Luhut Sulteng sendiri menjadi salah satu wilayah yang terdapat kawasan industri, yakni PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).
IMIP memang diizinkan pemerintah pusat untuk mengelola kawasan industri berbasis nikel yang terintegrasi dengan produk utama berupa nikel, baja tahan karat, dan baja karbon.

Baca juga: Iriana Acungkan Salam 2 Jari dari Mobil Presiden, KPU: Ibu Negara Bukan Jabatan

Baca juga: Gerindra Tegaskan Prabowo Tak Akan Mundur dari jabatan Menteri seperti Mahfud MD 

industri pendukungnya terentang dari pembangkit listrik tenaga batu bara, pabrik mangan, silikon, chrome, kapur, kokas, dan lainnya, hingga pelabuhan dan bandara.
Kawasan Industri IMIP, merupakan kerjasama antara BintangDelapan Group asal Indonesia dengan Tsingshan Steel Group dari Tiongkok alias China.
Tsingshan Group juga menjadi perusahaan terbesar dunia di bidang pengolahan nikel dan sudah menguasai teknologi pengolahan yang lengkap dan modern.

Baca Juga  Ujang Komarudin: Jokowi Butuh Sekali Golkar Setelah tak Jadi Presiden



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *