Unpad Terima 7.929 Mahasiswa Baru, Eks Rektor Ganjar Terangkan Etika Hubungi Dosen

TEMPO.CO, Jakarta – Universitas Padjadjaran atau Unpad menerima 7.929 orang mahasiswa baru 2023/2024. Upacara penerimaan digelar di kampus Unpad Jatinangor, Senin 21 Agustus 2023. “Penerimaan mahasiswa baru pertama kalinya yang kembali dilakukan secara luring, sebelumnya kombinasi luring dan daring,” kata Rektor Unpad Rina Indiastuti dalam pidatonya.

Rinciannya dari 7.929 orang mahasiswa baru Unpad 2023/2024 itu, mahasiswa program doctor 205 orang, magister 562 orang, program subspesialis 47 orang. Sementara program spesialis 292 mahasiswa baru, program profesi 184 orang, sarjana terapan 632 mahasiswa. Paling banyak yaitu program sarjana yang mencapai 6.036 mahasiswa baru. 

Menurut Rektor, Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru tidak hanya prosesi penyambutan resmi oleh sivitas akademika, tapi juga inisiasi awal perkenalan dengan kehidupan perguruan tinggi. Setelah melewati persaingan ketat masuk ke Unpad, mahasiswa baru diharapkan menjadi orang terpilih yang memiliki potensi besar sebagai agen-agen perubahan di masa depan guna mewujudkan Indonesia Emas 2045. “Kami doakan Anda sebagai pemimpin bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu menurut Rektor, Unpad telah menetapkan target menjadi universitas peringkat terbaik 500 dunia. Kepada mahasiswa baru, Rina menyarankan agar pada tahun pertama untuk menjelajahi semua yang ditawarkan universitas dan fakultas di dalam dan di luar kelas. “Tahap awal ini untuk memetakan jalan yang Anda tempuh hingga akhirnya menyelesaikan pendidikan di Unpad dengan sukses,” kata dia. 

Baca juga: Kemenkes Sediakan Kanal Aduan Perundungan Dokter, Minta Korban Tak Takut Melapor

Ganjar sampaikan norma etik

Iklan

Sementara itu mantan Rektor Unpad Ganjar Kurnia menyampaikan soal norma etik kepada kalangan mahasiswa baru. Norma itu menurutnya mengikat seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan dan pihak lain yang terkait dengan Unpad. Norma itu seperti kejujuran, keikhlasan, keteladanan, keterbukaan, demokratis, professional, kreatif, taat hukum, dan cinta lingkungan. 

Baca Juga  Fatih Unru Kehilangan Ayah dan Guru, Yayu Unru Sempat Tertawa Saat Bercanda Sebelum Meninggal Dunia

Kode etik mahasiswa Unpad berisi norma yang mengikat seluruh mahasiswa secara individual dalam melaksanakan kegiatan akademik dan kemahasiswaan.”Mahasiswa harus baca supaya tahu,” katanya. Perihal etika menghubungi dosen, para mahasiswa diminta untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. “Bukan bahasa alay,” ujar Ganjar. 

Menurutnya mahasiswa boleh menghubungi dosen lewat WhatsApp, dimulai dengan sapaan kemudian menyebutkan identitas, lalu menuliskan keperluan dengan jelas. Jika meminta bertemu atau konsultasi, kata Ganjar, permohonan waktu disesuaikan dengan kesediaan dosen. Kemudian ucapan terima kasih sebagai penutup pesan. 

Baca juga: IQAir: Polusi Udara Pontianak Sangat Tidak Sehat

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/Losergeek.orgdotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *