Tujuh Perusahaan Komitmen Investasi di IKN, Target Dibangun Sebelum Kuartal IV-2023

TEMPO.CO, Jakarta – Deputi Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Agung Wicaksono mengatakan ada 7 investor yang sudah komitmen berinvestasi di IKN. Ketujuh investor tersebut, yakni Pakuwon Group, Jakarta International School (JIS), Rumah Sakit Hermina, Ciputra Group, PT PP (Persero), Jambuluwuk Hotel and Resorts, serta Vasanta Innopark.

“Sekarang fasenya adalah perlengkapan lahan dan harganya,” kata Agung usai acara Indonesia Retail Summit 2023 di Pullman Central Park Jakarta pada Selasa, 15 Agustus 2023. “Sudah 90 persen lebih (fix investasi).”

Agung mengatakan pihaknya para investor tersebut ditargetkan bisa mulai membangun sebelum kuartal IV 2023 atau sebelum Oktober. Dia berujar, nilai tanah sedang dalam proses penerbitan. “Begitu nilai tanah tersedia, lokasinya sudah ditentukan, maka siap untuk mulai,” tuturnya. 

Agung menuturkan, tujuh perusahaan tersebut berinvestasi dengan nilai yang beragam. Begitu pun dengan luas lahan yang akan dibangun. Kendati demikian, Agung memastikan ada investor yang siap membangun dengan nominal Rp 8 T sampai Rp 10 triliun. “Dari luas tanah. Itu belum dia bangun dari fasilitasnya,” ujar Agung. 

Pembangunan di IKN memang terus berlanjut. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut progres pembangunan IKN gelombang 1 sudah mencapai 38,1 persen per 3 Agustus 2023. 

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Danis Sumadilaga menjelaskan, pembangunan IKN gelombang pertama meliputi proyek-proyek yang pembangunannya dimulai dari tahun 2021, seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden.

Selain gelombang pertama, Kementerian PUPR juga melaksanakan pembangunan IKN gelombang kedua. Gelombang kedua meliputi proyek-proyek yang penandatanganan kontraknya dimulai pada April – Mei 2023 seperti gedung kementerian koordinator 2 dan rumah rusun ASN IKN.

Baca Juga  Bobby Nasution Sibuk Deklarasikan Diri Dukung Prabowo-Gibran Hingga Tak Kunjung Kembalikan KTA PDIP

 

RIRI RAHAYU | ANTARA



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *