Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Pemkab Bekasi Gelar Lomba TPS Unik

Laporan Wartawan Muhammad Azzam

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI—– Guna meningkatkan partisipasi pemilih, Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa menggelar lomba Tempat Pemungutan Suara (TPS) unik pada Pemilu 2024.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menjelaskan, pihaknya telah mengumumkan terkait perlombaan tersebut.

TPS yang berhasil menciptakan desain unik akan mendapatkan reward atau penghargaan dari Pemkab Bekasi.

“Tujuannya agar meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024,” kata Dani saat ditemui di Polres Metro Bekasi pada Selasa (13/2/2024).

Baca juga: Bupati Karawang Aep Syaepuloh Ajak Sukseskan Pemilu 2024 dengan Nyaman, Kondusif, Jujur dan Adil

Dani mengatakan lomba TPS unik ini melibatkan seluruh lokasi pemungutan suara di setiap wilayah dengan penilaian dari juri gabungan yang dipimpin Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bekasi.

Ajang perlombaan ini diharapkan menjadi salah satu daya tarik tambahan bagi masyarakat yang hendak menyalurkan hak suara politik pada pesta demokrasi rakyat lima tahunan tersebut.

Pemerintah daerah menyiapkan penghargaan khusus bagi pemenang lomba yang mampu membuat desain TPS menjadi lebih menarik sekaligus mendatangkan banyak partisipasi pemilih pemilu yang hadir.

“Jadi ada kriteria penilaian juga, selain desainnya unik juga angka partisipasi di TPS itu,” katanya.

Baca juga: Antisipasi Huru-hara, Belasan Ribu Personel Gabungan Amankan TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Bekasi

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi Ali Rido mendukung kegiatan lomba TPS sebagai salah satu upaya menarik minat masyarakat untuk datang dan menyalurkan hak politik di balik bilik suara.

Diharapkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Kabupaten Bekasi melebihi 82-83 persen atau lebih meningkat pada Pemilu 2019 yang angka partisipasi pemilihnya sebesar 81,34 persen.

“Semoga adanya lomba itu, termasuk sejumlah upaya kami untuk meningkatkan partisipasi pemilih mulai dari sosialisasi tatap muka, kirab pemilu, deklarasi damai, melalui media sosial, hingga mendatangi sejumlah universitas, pesantren, dan sekolah membuat angka partisipasi pemilih meningkat,” katanya. (MAZ) 

Baca Juga  Perhimpunan Hotel di Yogya Peringatkan Anggota untuk Kelola Sampah Mandiri

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *