Tekan Kecelakaan di Lingkungan Kerja, Platinum Jaya Logistic Terapkan K3 Umum

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Seiring dengan berkembangnya proses bisnis dan meningkatnya jumlah proyek yang dikerjakan oleh Platinum Jaya Logistic, tentunya berpengaruh juga terhadap banyaknya jumlah pekerja yang dibutuhkan dan meningkatnya risiko dalam aktivitas pekerjaan.

Dalam melakukan pekerjaannya, pekerja terlibat dalam banyak aktivitas yang memiliki potensi bahaya tinggi. Oleh sebab itu, PJL berkomitmen selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja di seluruh area kerjanya.

Sebagai bukti komitmen perusahaan untuk mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Manajemen PJL membentuk Biro Quality, Safety, Health and Environment (QSHE).

Sertifikat ISO 45001

Seperti dilansir dalam keterangan resmi PJL, Rabu (18/10/2023) tertulis bahwa, sebagai perusahaan freight forwarding terbesar di bekasi, PJL telah memiliki sertifikat ISO 45001.

PJL juga terus meningkatkan kualitas dalam K3 di lingkungan perusahaan maupun area kerja di luar lingkungan kantor PJL

Platinum Jaya Logistic (PJL) juga terus meningkatkan kualitas dalam Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lingkungan perusahaan maupun area kerja di luar lingkungan kantor PJL.

Terlebih lagi PJL banyak melayani perusahaan-perusahaan tambang yang mana memiliki risiko besar seperti memobilisasi alat berat maupun menggunakan peralatan dengan alat berat yang pekerjanya rawan mengalami kecelakaan kerja.

Untuk menjalankan ISO 45001, PJL membekali training HSE kepada 15 orang karyawan guna untuk meningkatkan SDM maupun penerapannya dalam bidang K3.

Training dilakukan di kantor pusat platinum jaya logistic dengan mengundang trainner dari lembaga sertifikasi untuk mendalami materi dan praktik langsung mengenai K3 di kantor pusat maupun warehouse PJL.

Selain melakukan training HSE, semua alat berat termasuk forklift yang dimiliki PJL pun telah memiliki izin SILO dan operator yang bersangkutan sudah berlisensi SIO sebagai operator forklift.

Penunjang lainnya pun Biro QSHE memasang rambu keselamatan di lingkungan kantor pusat PJL dan di warehouse PJL.

Seperti denah lokasi di setiap lantai, rambu APAR, Rambu peringatan lift, Rambu evakuasi, dan sebagainya.

Baca Juga  The Freedom Band Tampil di Pesta Ulang Tahun Azizah Salsha, Raffi Ahmad: Band Tergokil Abad Ini

Pengadaan rambu K3 bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas keselamatan untuk semua karyawan, tamu maupun customer yang berada lingkungan PJL.

Salah satu kegiatan K3 saat ini adalah safety induction. Dimana ketika setiap ada tamu ataupun kunjungan client yang berkunjung di kantor PJL Ketua Biro QSHE akan melakukan safety induction terlebih dahulu sebelum memasuki lingkungan kantor.

Hal ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pengarahan tentang K3 yang berkaitan dengan potensi bahaya, pengendalian bahaya, alat pelindung diri (APD) yang diwajibkan, tanggap darurat, dan tata cara penyelamatan dan mengkomunikasikan seluruh area kerja PJL selama kunjungan, sehingga diketahui tindakan pengendalian terhadap bahaya apabila ada.

Maka dari itu tak heran, Platinum Jaya Logistic bisa mendapatkan klien dengan jumlah fantastis terutama yang bergerak di bidang pertambangan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *