Tak Terima Gibran Dianggap Langgar Aturan Pemilu, TKN Sebut Bawaslu Jakpus Lampaui Kewenangan

 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Alfian Firmansyah 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran angkat bicara terkait rekomendasi yang dikeluarkan Bawaslu Jakarta Pusat dengan menyatakan tindakan Gibran Rakabuming Raka membagikan susu dalam acara car free day (CFD) sebagai pelanggaran hukum. 

TKN pun menilai, jika Bawaslu Jakarta Pusat bersikap tidak profesional dan melebihi kewenangannya.
 
“Bawaslu Jakpus melakukan kewenangan yang di luar kewenangannya, kita menyebut seperti itu, oleh karena itu kita menyebut tidak profesional, jalurnya tentu DKPP, itu tadi etik,” tutur Komandan Tim Echo (Hukum dan Advokasi) TKN Prabowo-Gibran Hinca Pandjaitan di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2024) malam. 
 
Kemudian TKN mendorong Bawaslu DKI Jakarta mengkoreksi isi rekomendasi Bawaslu Jakarta Pusat.

Baca juga: Gibran Diperiksa Bawaslu, Begini Bantahan TKN nya

Sebab, surat rekomendasi Bawaslu Jakarta Pusat diteruskan ke Bawaslu DKI Jakarta untuk selanjutkan disampaikan kepada instansi terkait.

Selain itu, lanjut Hinca, bila dihubungkan dengan Pergub Nomor 12 Tahun 2016 sudah disebutkan bahwa kegiatan yang dilarang dilakukan di Bawaslu adalah partai politik. 

Sedangkan, sosok Gibran Rakabuming Raka bukan simbol partai politik.

Menurutnya, jika tindakan Gibran tetap dianggap melanggar, seharusnya kasus ini diselesaikan oleh Satpol PP sebagai instansi yang berwenang menegakan Pergub tersebut. 
 
“Misalnya Satpol PP, misalnya dia kan penegak hukumnya pergub tadi. Jadi Satpol PP lah, nah itu wilayahnya Satpol PP. Dan harusnya sudah selesai hari itu juga tanggal 3 Desember itu,” kata Hinca 
 
“Daluarsa lah isu ini, sesuatu yang dibuat-buat, sesuatu yang menjadi gaduh dan tidak pas. Apalagi terpaksa temen-teman media mengambil angle dengan menyatakan putusan. Tidak ada putusan itu, karena memang (Bawaslu Jakpus) tidak pernah mengambil putusan,” imbuhnya. 

Baca Juga  Gaikindo Catat Pengujung GIIAS 2023 Teramai pada 17 Agustus

Timnas AMIN Dorong KPU Terapkan Sanksi

Bawaslu Jakarta Pusat (Jakpus) memutus cawapres Gibran Rakabuming Raka telah melakukan pelanggaran pemilu, karena membagikan susu gratis kepada warga saat car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta.

Ketua Bawaslu Jakarta Pusat, Christian Nelson Pangkey menilai bahwa aksi bagi-bagi susu yang dilakukan Gibran beserta calon legislatif Eko Hendro Purnomo, Sigit Purnomo Syamsuddin Said dan Surya Utama dinilai telah melanggar hukum.

Terkait hal itu, Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menghargai proses yang sudah diambil oleh Bawaslu Jakarta Pusat terkait kasus dugaan pelanggaran kampanye.

“Timnas AMIN menghargai proses yang sedang berjalan. Baik itu di Bawaslu atau hari ini Bawaslu sudah mengeluarkan pernyataan bahwa itu diindikasikan pelanggaran,” kata Jubir Timnas AMIN, Billy David, di Rumah Pemenangan AMIN, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2024).

Billy menyebut bahwa untuk langkah selanjutnya pihak AMIN mendukung langkah yang akan diambil KPU jika terdapat pelanggaran yang dilakukan Gibran.

Baca juga: Gibran Rakabuming Raka Penuhi Panggilan Bawaslu Jakpus untuk Klarifikasi Bagi-bagi Susu Saat CFD



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *