Sekda DKI: Jasa jadi Model Bisnis Jakarta Setelah Tak Lagi Jadi Ibu Kota RI

TEMPO.CO, Jakarta – Sekretaris Daerah atau Sekda DKI Jakarta, Joko Agus Setyono mengungkapkan konsep dan gagasan Jakarta sebagai Kota Bisnis berskala Global setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara akan disampaikan dalam forum pertemuan Gubernur dan Wali Kota Negara ASEAN tahun ini.

“Sesuai perpindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke IKN, Jakarta akan tetap eksis menjadi kota bisnis global,” kata Joko Agus di Jakarta Pusat, Selasa, 1 Agustus 2023.

Menurutnya, jasa dipilih menjadi model bisnis yang akan dipakai Jakarta sebagai kota bisnis berskala global dengan segala persiapan yang sudah dilakukan, yaitu regulasi atau dasar hukum.

“Masalah dasar hukumnya ya saat ini masih dalam proses pembahasan,” ujarnya.

Tidak hanya regulasi, dasar hukum, Jakarta turut menyiapakan infrastruktur, seperti membangun LRT, MRT, dan lainnya dalam rangka menunjang kelancaran semua kegiatan yang berhubungan dengan bisnis.

“Kemudian digitalisasi juga ini juga salah satu hal yang sangat penting untuk kota bisnis tadi,” kata Joko Agus.

Iklan

Anak buah Penjabat Gubernur Heru Budi Hartono itu pun mengatakan akan menyampaikan soal bagaimana Jakarta membangun pertumbuhan ekonomi yang fundamental; membangun digitalisasi government, serta pembangunan yang berkelanjutan.

Dia mengatakan Jakarta akan menonjolkan sektor ekonomi dan sektor pemerintahan saat tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara dan condong kepada Jakarta sebagai kota jasa. Sebab, kalau bicara masalah industri, tentunya memerlukan space atau ruang yang cukup luas.

“Kemudian jangan sampai juga nantinya akan memberikan dampak lingkungan kepada masyarakat yang akan menimbulkan gangguan kesehatan dan lain sebagainya,” kata dia.

Oleh karena itu, dipilihlah model bisnis kota jasa sebagai masa depan Jakarta.

Pilihan Editor: Pj Gubernur DKI Heru Budi Semangat Ingin Segera Pindah Ibu Kota di HUT DKI

Baca Juga  Kendaraan Bermotor Disebut Sumbang Lebih dari 50 Persen Polusi Udara



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *