Rupiah Menguat terhadap Dolar AS, Ditransaksikan Antar Bank di Level Rp15.320

TEMPO.CO, Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat mengikuti penguatan nilai tukar mata uang regional dan pergerakan positif indeks saham Asia pada Selasa pagi, 22 Agustus 2023.

Nilai tukar atau kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi menguat 0,03 persen atau 5 poin menjadi Rp15.320 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.325 per dolar AS.

“Secara keseluruhan, tekanan dolar AS terhadap rupiah tinggi karena tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS terus naik,” ujar pengamat pasar uang Ariston Tjendra ketika dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

Tingkat imbal hasil 10 tahun justru naik ke level yang belum pernah disentuh sejak  2007. Kenaikan yield AS ini dinilai berkaitan dengan ekspektasi pasar, bahwa The Fed mungkin masih mempertahankan suku bunga tinggi AS karena data inflasi AS yang belum menyentuh target 2 persen.

“Oleh karena itu, rupiah mungkin dibuka menguat, tapi bisa berakhir melemah karena faktor yield AS tersebut,” ungkap Ariston.

Iklan

Dia memperkirakan potensi pelemahan rupiah ke arah Rp15.350 per dolar AS dengan potensi support di kisaran Rp15.280 per dolar AS.

Dolar AS bergerak sedikit lebih rendah terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena investor menunggu data Purchasing Managers’ Index (PMI) Standard & Poor’s (S&P) pada Rabu, 23 Agustus 2023 dan Simposium Ekonomi Jackson Hole pada 24-26 Agustus 2023.

Simposium Ekonomi Jackson Hole akan dihadiri oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde yang diharapkan memberikan petunjuk untuk panduan lebih lanjut tentang kebijakan moneter mereka.

Pilihan Editor: Rupiah Ditutup Melemah Rp15.325 per Dolar AS, Analis Perkirakan Suku Bunga Turun Tahun Depan

Baca Juga  Sosok Petugas Dishub Buang Sampah di Jalan Tunjangan Dipotong, Pernah Viral Gara-gara Angkot



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *