Reservoir dan Instalasi Pengolahan Air Portable untuk Warga Jakarta Habiskan Duit Rp 41 miliar lebih

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Perumda PAM Jaya telah menyelesaikan pembangunan reservoir komunal dan instalasi pengolahan air portable di Rusun Waduk Pluit Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Infrastruktur ini telah diresmikan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada Rabu (4/10/2023).

Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, perseroan telah membangun empat tambahan reservoir komunal dan satu IPA portable.

Nilai investasi yang dikucurkan kurang lebih Rp 41 miliar untuk perbaikan pelayanan kepada 7.741 pelanggan.

“Reservoir komunal adalah penampungan air di dekat permukiman yang jauh dari sumber utama instalasi pengolahan air PAM Jaya,” kata Arief pada Rabu (4/10/2023).

Arief mengatakan, air tampungan di reservoir akan dipompakan ke rumah-rumah warga. Karena itu, pelanggan yang merupakan titik terjauh dari lokasi IPA PAM Jaya dapat menerima debit air yang cukup.

Menurutnya, pembangunan reservoir komunal Waduk Pluit bertujuan untuk mengatasi kekurangan air bersih di wilayah Rusun Waduk Pluit, Elektro, Pergudangan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara dan sekitarnya.

Baca juga: Reservoir Komunal Waduk Pluit Diresmikan, Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga dekat Laut

Pembangunannya infrastruktur selama tiga bulan ini, memiliki debit air 5 liter per detik dan berkapasitas 50 meter kubik dengan cakupan perbaikan 282 pelanggan.

“Sumber air berasal dari IPA Pejompongan II,” ujar mantan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya ini.

Selain reservoir komunal Waduk Pluit, di hari yang sama PAM Jaya juga melakukan operasionalisasi tiga reservoir komunal lainnya di berbagai wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Rinciannya, pertama di Cilincing, Jakarta Utara memiliki debit air 100 liter per detik dengan kapasitas reservoir 600 meter kubik dan cakupan perbaikan 6.516 pelanggan.

Untuk sumber air berasal dari IPA Buaran II.

Baca Juga  Pengamat Kritisi Langkah Prabowo yang Bakal Tambah Kementerian, Pembiayaan APBN Akan Bengkak 

Kedua di Marunda, Jakarta Utara dengan debit 75 liter per detik, kapasitas reservoir 560 meter kubik, serta cakupan perbaikan 418 pelanggan, termasuk penghuni Rusun Marunda.

Sumber air berasal dari IPA Buaran II.

“(Ketiga) Tamansari, Jakarta Barat dengan debit 5 liter per detik, kapasitas reservoir 50 meter kubik, cakupan perbaikan 233 pelanggan, dan sumber air berasal dari IPA Pejompongan II,” jelas Arief.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *