Rekomendasi 8 Gunung untuk Pendaki Pemula di Jawa Barat

TEMPO.CO, Jakarta – Provinsi Jawa Barat memiliki banyak gunung yang bisa menjadi pilihan favorit bagi para pendaki. Beberapa di antaranya dapat menjadi rekomendasi untuk pendaki pemula. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut delapan rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Jawa Barat.

1. Gunung Putri

Dilansir dari Disparbud.jabarprov.go.id, Gunung Putri terletak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk menuju puncak, jalurnya cukup mudah terutama bagi para pecinta mendaki gunung. Ketinggian gunung putri lembang sekitar 1.580 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

2. Gunung Kencana

Rekomendasi gunung di Jawa Barat untuk pendaki pemula selanjutnya adalah Gunung Kencana. Gunung Kencana terletak di kawasan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung Kencana memiliki ketinggian 1.803 mdpl. 

Gunung Kencana memiliki jalur yang cukup menantang, namun masih ramah untuk pendaki pemula. Untuk sampai ke puncak, hanya dibutuhkan trekking selama 45 menit-1 jam terhitung dari pos tiket. Selain itu, perjalanan menuju basecamp Gunung Kencana dapat dilalui dengan mobil atau motor melintasi perkebunan teh.

3. Gunung Batu

Gunung Batu masuk dalam daftar gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Gunung Batu termasuk mungil dengan tinggi hanya sekitar 875 mdpl. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke puncaknya. Selama pendakian, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah, seperti hutan yang masih asri dan beberapa air terjun kecil yang menyegarkan.

4. Gunung Salak

Gunung Salak terletak di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2211 mdpl dengan jalur pendakian yang terhitung mudah. Gunung Salak dapat didaki melalui beberapa jalur.

Puncak yang paling sering didaki adalah Puncak Salak II dan Salak I. Jalur yang paling ramai adalah melalui Curug Nangka, dari sisi utara gunung. Melalui jalur tersebut, pendaki akan sampai pada Puncak Salak II. Puncak Salak I biasanya didaki dari arah timur, yakni Cimelati, dekat Cicurug, Sukabumi.

Baca Juga  9 Ribu Maba Ikuti PKKMB Unair, ada Konser Dadakan hingga Panggung Komika

5. Gunung Burangrang

Iklan

Lokasi Gunung Burangrang terletak di daerah Cisarua, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, berbatasan dengan kabupaten Purwakarta dan Subang. Gunung Burangrang memiliki ketinggian 2.064 mdpl. Gunung ini bisa dijadikan latihan bagi pendaki pemula untuk mendaki gunung yang lebih tinggi. 

Jarak tempuh perjalanan dari basecamp (tempat perizinan dan parkir kendaraan) menuju puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

6. Gunung Kerenceng

Gunung Kerenceng terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 1.736 mdpl dengan ketinggian relatif 1.680 mdpl. Karena itu, gunung ini sangat cocok untuk para pendaki pemula.

Saat perjalanan menuju puncak, Anda akan disuguhkan Sungai Cikaro Bokan, Sungai Cimanggung, Sungai Pojok, Sungai Ciguling, Sungai Cilembu, dan Sungai Cijogjog. Setelah sampai puncaknya, Anda dapat melihat puncak Pangkusan 1.558 mdpl dan puncak Kareumbi 1.685 mdpl.

7. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan mempunyai ketinggian 2.665 mdpl dan sering dijadikan tujuan mendaki bagi pendaki pemula. Daya tarik utama Gunung Papandayan adalah hutan mati yang banyak dijadikan tempat untuk berfoto.

Gunung Papandayan memiliki dua jalur pendakian. Pertama jalur Cisurupan, yang lebih mudah untuk pendaki pemula. Sedangkan untuk jalur Pandeglang memiliki trek yang lebih terjal.

8. Gunung Malabar

Gunung Malabar terletak di Pangalengan, Jawa Barat. Bagi Anda pendaki pemula, gunung ini cocok dijadikan tujuan pendakian karena rutenya cukup bersahabat. Gunung dengan ketinggian 2.341 mdpl ini merupakan gunung tertinggi di wilayah Pengalengan, Jawa Barat.

Pilihan Editor: 5 Fakta Menarik tentang Gunung Salak



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *