Polda Metro Masih Kaji Kebijakan 4 In 1 untuk Atasi Polusi Udara di Jakarta

TEMPO.CO, Jakarta – Polda Metro Jaya belum berdiskusi dengan pemangku kepentingan lain soal kebijakan 4 in 1 untuk mengatasi kemacetan dan polusi udara di Jakarta. Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Doni Hermawan mengatakan, belum ada pembahasan secara teknis dan masih pengkajian.

“Belum didiskusikan dengan stakeholder terkait itu, baru salah satu saran dan masukan,” ujar Doni di Polda Metro Jaya, Jumat, 18 Agustus 2023.

Waktu penerapan kebijakan itu juga belum dipastikan kapan dilaksanakan. Doni belum bisa menyatakan kebijakan ini sebagai solusi mengatasi kemacetan atau mengurangi polusi.

“Semua kaitan dengan masalah kemacetan dan polusi udara dari kemacetan masih dikaji,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pemerimtah mempertimbangkan pemberlakuan kebijakan 4 in 1. Pernyataan itu dia sampaikan setelah bertemu Presiden Joko Widodo alias Jokowi di Istana.

“Utilitas kendaraan ini banyak yang menggunakan satu orang atau maksimal dua orang, maka dipertimbangkan untuk membuat 3 in 1 itu jadi 4 in 1. Jadi katakan lah yang dari Bekasi, Tangerang, Depok, mereka bersama ke kantor gantian mobilnya, sehingga jumlahnya menurun,” kata Budi Karya, Senin, 14 Agustus 2023.

Iklan

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga akan mengkaji usulan sistem 4 in 1. Kebijakan itu juga untuk mengatasi kendaraan yang turut menyumbang polusi udara di Jakarta.

Heru juga belum bisa menyatakan kebijakan ini menjadi solusi yang efektif mengurangi polusi udara. “Iya, nanti dibahas, sekitar dua minggu lagi,” kata Heru di Balai Kota, Selasa 15 Agustus 2023.

Kebijakan 4 in 1 ini akan menerapkan satu mobil diisi empat orang. Sebelumnya ada sistem 3 in 1 atau satu mobil diisi tiga orang, namun menimbulkan masalah joki. 

Baca Juga  Rais Syuriah PBNU 2016-2023, KH Subhan Makmun Dukung Anies-Muhaimin pada Pilpres 2024

Pilihan Editor: Anggota DPRD DKI Ragukan Efektivitas 4 in 1 untuk Atasi Polusi Udara Jakarta



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *