Persiapan Upacara 17 Agustus? Gunakan 5 Bahan Alami Berikut Ini Agar Sepatu Kinclong

TEMPO.CO, Jakarta – Bagi sebagian orang, tampil sempurna saat upacara peringatan kemerdekaan pada 17 Agustus merupakan hal spesial. Selain pakaian yang rapi dan bersih dan kondisi fisik yang prima, sepatu yang bersih mengkilat juga menjadi faktor penunjang saat upacara 17 Agustus

Selain semir, ada banyak cara membuat sepatu kinclong, termasuk menggunakan bahan-bahan berikut ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut bahan-bahan alami pengganti semir sepatu: 

1. Minyak zaitun dan lemon

Menggunakan minyak zaitun sebagai semir sepatu alami cukup mudah dibuat. Semprotkan beberapa tetes minyak zaitun secara merata ke seluruh permukaan sepatu dan diamkan sejenak. 

Kemudian bersihkan dengan kain bebas serabut hingga bersih. Jika Anda ingin menambahkan kilau, campurkan beberapa tetes jus lemon ke dalam minyak zaitun sebelum disemprotkan. 

2. Cuka

Selain untuk makan bakso, cuka juga memiliki fungsi lain yaitu semir sepatu. Tetapi anda harus berhati-hati di sini. 

Intinya adalah cuka, ada beberapa jenis cuka di dunia ini. Paling umum dan paling sulit dibedakan adalah cuka putih dan cuka suling. 

Singkatnya, cuka suling lebih murni dari cuka putih. Karena lebih ringan, cuka putih cocok untuk memasak, jadi untuk membuat sepatu anda berkilau, anda perlu menggunakan cuka suling, yaitu jenis cuka yang biasa kita konsumsi.

Anda dapat langsung menggunakan cuka atau mencampurnya dengan minyak biji rami/minyak lainnya dengan perbandingan minyak 2:1 cuka. Tuang campuran minyak dan cuka ke atas kain, lalu gosokkan ke seluruh sepatu. 

3. Kulit Pisang

Selain untuk meredakan sembelit, ternyata kulit pisang memiliki fungsi lain lho. Kedengarannya aneh bukan? Namun, kulit pisang ternyata bisa digunakan sebagai pengganti semir sepatu.

Baca Juga  9 Pemain Muda Ikuti Pendidikan Kepolisian, Indra Sjafri: Jangan Takut Berkarier di Sepak Bola

Gosok bagian dalam kulit pisang ke sepatu Anda. Kemudian, gunakan lap atau handuk kertas untuk menyeka sisa-sisa kulit pisang. 

4. Minyak Kelapa

Mirip dengan minyak nabati lain yang mudah ditemukan di rumah, minyak kelapa juga merupakan pengganti semir sepatu yang baik. 

Cara pemakaiannya dengan menuangkan sedikit pada bola kapas. Kemudian gosokkan ke seluruh sepatu. Kemudian selesaikan dengan menggosok sepatu dengan kain lembut  

5. Kapas

Cara pemakaiannya, rendam bola kapas dengan air dingin atau air bersih dengan suhu ruangan. Metode yang dikenal sebagai semir sepatu ini melibatkan semir sepatu dengan kapas basah.

Pilihan Editor: Persiapan Upacara 17 Agustus, Cara Mudah Membuat Kemeja Putih jadi Bersih Seperti Baru



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *