Menteri Pertahanan Prabowo Sebut Kasus Rempang Berlarut-Larut karena Ada Tangan Intelijen Asing

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA–Beberapa konflik yang terjadi di Indonesia tidak lepas dari intervensi negara asing.

Letak Indonesia yang sangat strategis serta kekayaan yang melimpah membuat negara asing selalu ingin campur tangan dalam setiap masalah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat membuka “Simposium Geopolitik & Geostrategis Global serta Pengaruhnya terhadap Indonesia” di Kompleks Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, pada Kamis (2/11/2023).

“Indonesia merupakan negara yang besar dan memiliki kekayaan mineral.

Mau tidak mau kita menjadi sasaran bagi kekuatan-kekuatan besar dunia,” kata Prabowo di hadapan para menteri dan pimpinan TNI yang hadir.

Prabowo kemudian mengatakan, berdasarkan sumber-sumber yang ia peroleh, konflik-konflik di Indonesia dicampuri intelijen asing.

Baca juga: VIDEO Penampakan RS TNI dr Sadjiman yang Diresmikan Prabowo di Bogor untuk Umum dan TNI

Menhan mencontohkan konflik di Rempang, Aceh, Ambon, dan Papua.

“Peristiwa-peristiwa seperti di Rempang sudah mulai masuk campur tangan intel-intel asing,” kata Prabowo seperti dilansir Kompas.com.

“Dan kita banyak juga mengalami di Aceh, di Ambon kita mengalami, di Timor-Timur, dan kita mengalami di Papua terus-menerus, bagaimana campur tangan asing sangat mempengaruhi kondisi kita,” tutur eks Danjen Kopassus dan Panglima Kostrad itu.

Bakal calon presiden yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju ini menambahkan perkembangan geopolitik dan geostrategis dunia cepat berpengaruh pada banyak negara dunia, termasuk Indonesia.

“Ini saya pandang perlu, karena perkembangan dinamika geopolitik berkembang begitu cepat.

Pengaruh di satu wilayah dunia yang kelihatannya jauh dari kita, di era sekarang pengaruhnya luar biasa pada seluruh dunia,” ujar Prabowo.

Menhan kemudian mencontohkan perang antara Rusia-Ukraina yang membuat harga bahan bakar minyak (BBM) naik. “Perang di Ukraina (juga) membuat pupuk menjadi mahal dan langka.

Baca Juga  Gabungkan Konsep AI dan Digital Twin, Dosen Cyber University Lolos Program Call For Book Chapters

Kalau pupuk mahal dan langka, akan mempengaruhi produksi pangan di sebagian besar dunia. Kalau produksi pangan terpengaruh, akan mengakibatkan destabilisasi politik dan sosial,” kata Prabowo.

Baca juga: VIDEO Pertemuan Prabowo dan Erick Thohir Usai Batal Mengusung Erick Jadi Cawapres

Belum lagi, ditambah perang yang terjadi di Jalur Gaza yang memanas belakangan ini.

Prabowo menyebutkan, perang antara Hamas-Israel berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap Indonesia yang mayoritas berpenduduk muslim.

“Karena hampir 90 persen rakyat kita adalah muslim, dan kejadian-kejadian yang menyangkut dunia Islam pasti berpengaruh pada kondisi psikologis dan kondisi ketentraman rakyat kita.

Karena itu, saya pandang sangat perlu untuk menyampaikan perkembangan-perkembangan ini segera kepada seluruh unsur pimpinan TNI sehingga kita tidak kaget dan memberi reaksi secara mendadak,” ucap Menhan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *