Latihan Bersama Paspampres, Calon Tim Delapan Paskibraka Dinilai

INFO NASIONAL — Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Tingkat Pusat 2023 mulai hari Selasa, 8 Agustus 2023 melaksanakan latihan gabungan bersama Tim Paskibraka dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Depok.

Sebelumnya, 76 putera-puteri daerah terpilih ini sudah menjalani Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Tingkat Pusat dengan berbagai materi, latihan fisik, dan baris berbaris dari tanggal 15 Juli dan akan berakhir pada 23 Agustus 2023 mendatang.

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Dr. Rima Agristina menyebut, pada latihan gabungan ini, para pelatih akan menilai para Capaska yang akan bertugas sebagai Tim Delapan.

Koordinator Paskibraka Nasional itu juga menambahkan, penilaian dilakukan secara menyeluruh, bukan hanya berdasarkan kemampuan baris berbaris.

“Mulai hari ini, anak-anak akan dinilai, siapa-siapa saja yang akan menjadi pembawa baki, pengibar, dan pengerek Bendera”, ujarnya.

Iklan

Rima menambahkan, momentum pengibaran bendera merupakan momentum sakral bagi Bangsa dan Negara Indonesia dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi setiap tahunnya. 

“Maka dari itu, penilaiannya bukan hanya dia pintar PBB, tapi juga dilihat dari mental mereka karena pressure di Istana Merdeka nanti akan sangat besar. Semua mata melihat momen sakral Pengibaran Sang Saka Merah Putih. Jangan sampai mereka tremor gara-gara tengang atau gemetar”, tegasnya.

Selain Paskibraka dan Paspampres, latihan gabungan Paskibraka ini digelar lengkap dengan perangkat upacara lainnya. Lapangan tempat latihan disesuaikan dengan ukuran dan layout lapangan upacara di Istana Merdeka. (*)



Quoted From Many Source

Baca Juga  Terekam CCTV, Mahasiswa STIP Tewas Dianiaya Senior, Dibopong dari Toilet, Ada Luka Lebam di Ulu Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *