KPK Kembali Sundul Kasus Harun Masiku, Senggol Hasto Kristiyanto

WARTAKOTALIVE.COM – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri kembali menyundul kasus korupsi kader PDIP Harun Masiku.

Ali Fikri senggol Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto agar kooperatif dalam memberikan informasi mengenai keberadaan Harun Masiku.

Harun Masiku merupakan buronan KPK yang berstatus tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan anggota DPR periode 2019-2024.

“Kami berharap bila yang bersangkutan (Hasto) dapat menginformasikan keberadaan Harun Masiku ada di mana saat ini, sehingga dapat kami tangkap,” ujar Ali dikutip Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Ali menegaskan, langkah KPK yang kerap bertanya soal keberadaan Harun Masiku ke Hasto bukanlah bentuk intimidasi, melainkan murni upaya penegakan hukum.

Begitu Harun Masiku ditemukan, KPK akan langsung memprosesnya ke peradilan supaya ada kepastian hukum dalam kasus tersebut.

Ali Fikri pun tidak menampik untuk kembali memanggil Hasto apabila dibutuhkan penyidik KPK.

“Bila penyidik nanti membutuhkan kembali sebagai saksi, pasti juga dipanggil kembali,” jawab Ali.

Baca juga: Hotman Paris: Kehadiran 4 Menteri Buktikan Tuduhan Cawe-cawe Jokowi Pepesan Kosong

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto mengaku mendapat berbagai intimidasi karena mempersoalkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Berbagai intimidasi di dalam negeri ini sekarang makin kuat, saya sendiri berkali-kali diintimidasi,” kata Hasto dalam acara diskusi bertajuk “Sing Waras Sing Menang”, Sabtu (30/3/2024).

Hasto membeberkan, ada sejumlah bentuk intimidasi yang ia terima, salah satunya dengan mengungkit kasus Harun Masiku.

Hasto sempat beberapa kali dipanggil KPK terkait kasus tersebut.

“Kalau saya ini sudah (diintimidasi) pertama masalah pajak, kedua Harun Masiku, saya sudah beri penjelasan,” ujar Hasto.

Ia menyebutkan, intimidasi lain yang diterimanya adalah disebut-sebut terlibat dalam sebuah kasus oleh pengusaha yang pernah berfoto dengannya.

Namun demikian, Hasto mengklaim bahwa beragam intimidasi yang dialaminya itu tidak membuat gentar.

Baca Juga  Pengamat Bandingkan Sikap Dua Capres Terima Penghargaan: Ganjar Cerita Kehebatan, Prabowo Humble

(Wartakotalive.com/DES/Kompas.com)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *