Komitmen Keberlanjutan Lingkungan, UMKM Frolic Banana & Kitchen Lakukan Praktik Carbon Offset

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Perubahan iklim dipengaruhi oleh beragam faktor yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang awam, misalnya saja sistem pangan.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari bahwa sisa makanan bisa berkontribusi banyak terhadap emisi gas rumah kaca global dan menguras sumber daya air.

Menurut The International Food Policy Research Institute’s 2022 Global Food Policy Report, sistem pangan diperkirakan menyumbang sebanyak 34 persen dari total emisi gas rumah kaca, menurut the International Food Policy Research Institute’s 2022 Global Food Policy Report. Jika dielaborasi, hal ini sebagian berasal dari cara menanam, memupuk, hingga pengolahan makanan.

Menyadari hal tersebut, Frolic Banana & Kitchen yang merupakan UMKM kuliner yakni Bakery menjalankan kepedulian lingkungan melalui praktik carbon offset yang berkelanjutan.

Carbon Offset

UMKM lokal ini bekerja sama dengan Fairatmos, sebuah perusahaan yang fokus pada kompensasi karbon. Kolaborasi ini merupakan langkah progresif yang menunjukkan kepedulian mereka pada masalah lingkungan.

Carbon offset melalui Fairatmos melibatkan pengukuran jejak karbon dari operasi bisnis mereka. Setelah menentukan jumlah karbon yang dihasilkan oleh aktivitas mereka, Frolic Banana berinvestasi dalam proyek-proyek yang mengurangi jumlah karbon di atmosfer dalam jumlah yang setara.

Kemitraan ini juga mencakup berbagai inisiatif seperti penanaman pohon, energi terbarukan, dan proyek pengurangan emisi lainnya.

Bahan alami

Sejak berdiri pada 2017 lalu, UMKM yang didirikan oleh Francisca Candra itu telah tumbuh menjadi perusahaan yang berfokus pada keberlanjutan dan kualitas produk alami yang tinggi.

Francisca mengklaim, produk Frolic Banana menggunakan bahan-bahan alami dan selai buatan sendiri dari sister company, Frolic Kitchen.

Selai ini digunakan sebagai topping unik untuk kue-kue mereka, memberikan rasa yang otentik dan berbeda.

Baca Juga  Ketagihan Lari, Raffi Ahmad Persiapkan Diri Ikut Maraton di London Inggris

“Keputusan untuk menggunakan selai buatan sendiri daripada selai impor adalah contoh nyata komitmen Frolic Banana & Kitchen untuk mendukung produk lokal dan menghindari jejak lingkungan yang lebih besar,” ungkap Francisca dalam keterangan resmi, Senin (30/10/2023).

Komitmen pada zero waste



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *