Joe Biden Ucapkan Selamat HUT RI ke-78

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Rabu, 16 Agustus 2023, menyampaikan ucapan selamat HUT RI ke-78 pada Presiden Ri Joko Widodo dan masyarakat Indonesia. Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan pada 17 Agustus 2023. 

“Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78,” demikian ucapan selamat yang disampaikan Biden, dalam rilis yang dipublikasi kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

 
Dalam keterangannya, Biden kembali mengingatkan kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia telah memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama dianut kedua negara dan keamanan serta kemakmuran. Kedua negara juga sama-sama mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Indonesia dan Amerika Serikat telah bekerja sama mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, perlindungan lingkungan, dan memperkuat hubungan antarmasyarakat yang menjadi dasar kemitraan bersama. Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”
 

“Saya berharap dapat semakin memperdalam dan memperluas kerja sama dan persahabatan kita di tahun mendatang. Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini,” kata Biden.

Volume perdagangan kedua negara pada 2022 mencapai US$27,5 miliar, atau meningkat 20,1 persen dibandingkan periode sama tahun 2021. Indonesia dan Amerika Serikat sama-sama menargetkan peningkatan perdagangan sebanyak US$60 miliar dalam beberapa tahun ke depan. 

Iklan

Sebelumnya pada Maret 2023, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Amerika Serikat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Clean Energy Working Group Indonesia-Amerika Serikat. Kesepakatan ini menandai pendirian kelompok kerja untuk pengembangan energi bersih di Indonesia. MoU ini juga akan menjadi dasar hubungan kerja sama serta mendorong dan mempromosikan kerja sama bilateral di bidang energi bersih dan terbarukan di Indonesia.

Baca Juga  Modusnya Dibongkar Dedi Mulyadi, Begini Nasib Asep di Sel Tahanan

Pilihan Editor:Fakta-Fakta Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

            

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.

             



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *