Hasil Liga 1: Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya 1-0, Ryo Matsumura Cetak Gol Pertama

TEMPO.CO, Jakarta – Persija Jakarta meraih poin penuh atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan pekan kelima Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 30 Juli 2023. Laga berakhir dengan skor tipis 1-0.

Gol kemenangan Persija diciptakan Ryo Matsumura pada menit ke-38 melalui skema gol kerja sama dengan Syahrian Abimanyu dan Witan Sulaeman.

Atas hasil ini, Macan Kemayoran menduduki peringkat kelima klasemen sementara Liga 1 dengan delapan poin, sedangkan Persebaya ada di peringkat 13 dengan lima poin.

Persebaya harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-28. Arief Catur Pamungkas diganjar kartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap Witan Sulaeman tepat di depak kotak penalti dalam posisi dia sebagai orang terakhir dan Persija sedang melancarkan serangan cepat.

Jalannya Babak Pertama

Sepuluh menit pertama, laga berjalan dengan intensitas yang cukup tinggi. Persija sedikit menguasai permainan dan mampu menciptakan sejumlah ancaman ke gawang Persebaya.

Koreografi yang menampilkan kartun Jepang, Dragon-Ball mengiringi pertandingan selama periode tersebut. Ditambah nyanyian dukungan dari Jakmania yang membuat tribun penonton bergetar.

Riko Simanjuntak membuka peluang emas pertama Persija pada menit ke-23. Menerima umpa Hanif Sjahbandi dari sisi kiri, sundulannya masih melebar tipis di sisi kanan gawang Persebaya.

Petaka bagi Persebaya datang pada menit ke-28. Bek Arief Catur Pamungkas diganjar kartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap Witan Sulaeman tepat di depak kotak penalti dalam posisi dia sebagai orang terakhir dan Persija sedang melancarkan serangan cepat. Bajol Ijo terpaksa bermain dengan sepuluh pemain.

Persija terus menggempur pertahanan Persebaya. Berbagai pola serangan diterapkan namun belum ada yang berbuah hasil. Hingga menit ke-30, Macan Kemayoran unggul penguasaan bola 66 persen berbanding 34 persen.

Baca Juga  jadwal konser di Jakarta Barat terupdate

Gol yang dinanti-nantikan Jakmania akhirnya tiba pada menit ke-38. Berawal dari umpan pendek Syahrian Abimanyu, yang diteruskan oleh sentuhan Witan Sulaeman hingga akhirnya diselesaikan dengan baik oleh Ryo Matsumura. Seluruh sudut SUGBK bersorak menyambut gol tersebut. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Iklan

Unggul satu gol membuat Persija terus meningkatkan serangan. Sementara Persebaya masih tetap dalam tekanan dan belum bisa mengembangkan permainan. Hingga peluit babak pertama dibunyikan, skor 1-0 bertahan.

Jalannya Babak Kedua

Persebaya bermain lebih menyerang di awal babak kedua. Hasilnya, peluang emas pertama mereka dapatkan pada menit ke-54. Tendangan bebas Reva Adi berhasil ditepis penjaga gawang Andritany Ardhiyasa hingga menimbulkan kemelut di kotak penalti Persija, namun bola akhirnya berhasil dihalau ke luar lapangan.

Tiga puluh menit babak kedua berjalan, Persebaya lebih menguasai permainan, tetapi aliran bola selalu mental di area sepertiga akhir Persija. Di sisi lain, pelatih Thomas Doll tampak menerapkan strategi serangan balik dengan menempatkan Ryo Matsumura dan Riko Simanjuntak di depan dan sisanya bertahan di belakang.

Di tengah upaya Persebaya menyamakan kedudukan, Persija sempat mencuri kesempatan lewat serangan balik pada menit ke-78. Tendangan Ryo Matsumura dari sisi kanan membentur tiang gawang. Teriakkan kekecewaan Jakmania pun terdengar di seluruh penjuru stadion.

Memasuki menit ke-80, Persebaya masih terus mencoba membongkar pertahanan Persija. Sementara itu Macan Kemayoran juga beberapa kali melancarkan serangan balik. Beberapa peluang tercipta, tetapi hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-0 bertahan untuk kemenangan tim tuan rumah.

Daftar Susunan Pemain

Persija: Andritany Ardhiyasa; Ilham Rio Fahmi, Firza Andika, Ondrej Kudela, Rizky Ridho; Syahrian Abimanyu, Maciej Gajos, Hanif Sjahbandi; Witan Sulaeman, Ryo Matsumura, Riko Simanjuntak.

Baca Juga  Puan Maharani Anggap Pertemuan Prabowo dan Gibran di Sebatas Silaturahim

Persebaya: Andhika Ramadhani, Arief Catur, Riswan Lauhim, Kadek Raditya, Dusan Stenovic, Ahmad Nuri Fasya; Ripal Wahyudi, Toni Firmansyah; Sho Yamamoto, Paulo Victor, Bruno Moreira

Pilihan Editor: Hasil Liga 1: Persis Solo vs Arema FC 1-1, Kiper Julian Schwarzer Jalani Debut Bersama Singo Edan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *