Golkar – PAN Dukung Prabowo Subianto, Sandiaga Uno: Selamat, Saatnya Konsolidasi

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sandiaga Uno menyambut baik keputusan Partai Golkar dan PAN yang menentukan pilihan dengan bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Sandiaga menyampaikan selamat kepada para pimpinan partai dalam KKIR, yakni Prabowo Subianto, Muhaimin Iskandar, Zulkifli Hasan, dan Airlangga Hartarto atas deklarasi tepat di satu tahun pembentukan koalisi itu. 

“Kalau memang itu yang telah disepakati, saya mengucapkan selamat,” kata Sandiaga Uno melalui keterangan resminya, Minggu 13 Agustus 2023. 

Sandiaga menyampaikan, hanya tersisa waktu dua bulan lagi menuju pendaftaran capres dan cawapres untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang. “Memang sudah saatnya bisa berkonsolidasi,” jelasnya.  

Bersamaan dengan kabar baik itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu akan melaporkan peristiwa kepada Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono. Sehingga, Mardiono dapat berkonsolidasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) selaku partai koalisi. 

“Dan saya tentunya akan berkoordinasi dengan pimpinan partai yang warna hijau, untuk berbicara dengan partai yang warna merah,” kata Sandiaga. 

Konsolidasi tersebut katanya akan segera digelar, mengingat pada tahun ini pelaksanaan Pilpres sangat singkat dibanding tahun sebelumnya. “Karena waktunya sangat sempit dibandingkan dengan 2019 kami kampanye delapan bulan lebih, tapi sekarang ini hanya 70 hari. Sedangkan wilayah yang harus dikunjungi ini sangat banyak, jadi memang sudah saatnya kami berkonsolidasi,” ungkap Sandiaga Uno.  

Iklan

“Dan ini akan menjadi inspirasi agar bangsa kita bisa fokus melihat gagasan terbaik membangun (bangsa), karena kita semua bersaudara, kita memang sedikit berbeda pilihan, tapi nanti setelah 14 Februari (2024), kita membangun bangsa bersama,” ujarnya. 

Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar resmi mendeklarasikan Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Deklarasi dukungan ini dilakukan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 13 Agustus 2023. 

Baca Juga  Mikha Tambayong Tunjukkan Kepedulian Lingkungan Mulai dari Hal Kecil

Dengan bergabungnya Golkar dan PAN, maka Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bubar. Koalisi prapilpres semakin mengerucut menjadi 3 poros, yakni Koalisi PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung Anies Baswedan, dan KKIR yang mengusung Prabowo Subianto.

Pilihan Editor: Golkar-PAN Dukung Prabowo, PPP: Peluang Sandiaga Uno Cawapres Ganjar Semakin Besar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *