Duta Besar Febrian Ruddyard Memimpin HUT RI ke-78 di Jenewa

TEMPO.CO, Jakarta – Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa (PTRI Jenewa) pada Kamis, 17 Agustus 2023, menyelenggarakan upacara HUT RI ke-78. Ini adalah upacara yang pertama kali boleh dihadiri oleh WNI di Swiss setelah pandemi Covid-19. 

PTRI Jenewa  merupakan Perwakilan RI yang diakreditasikan pada PBB dan organisasi-organisasi internasional di Jenewa. Saat ini Indonesia memiliki 3 PTRI yaitu di New York dan di Jenewa untuk PBB, serta PTRI ASEAN di Jakarta.

PTRI Jenewa dalam keterangan menjelaskan upacara bendera diselenggarakan di kantor PTRI yang dimulai pukul 9.30 pagi waktu setempat. Acara ini juga diikuti oleh seluruh staf PTRI Jenewa serta WNI yang tinggal di kota Jenewa dan sekitarnya. Sebagian besar masyarakat Indonesia yang hadir adalah pekerja profesional pada organisasi internasional atau badan PBB. 

Wakil Tetap RI di Jenewa Duta Besar Febrian Ruddyard bertindak sebagai pembina upacara, dengan komandan upacara Letnan Satu Marinir, Andi Adi Yonathan. Letnan Satu Marinir Andi Yonathan adalah salah satu anggota dari kesatuan UNIFIL Indobatt XXIII-Q di Libanon. Selain bertugas sebagai komandan upacara, Yonathan juga telah melatih Paskribra PTRI Jenewa selama dua minggu terakhir menjelang upacara peringatan HUT RI ke-78.

Iklan

Rangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan telah dimulai sejak awal Agustus 2023 dengan diadakannya berbagai perlombaan olah raga yang melibatkan masyarakat Indonesia di Jenewa. Selain upacara bendera, PTRI Jenewa juga akan menyelenggarakan acara Pesta Rakyat pada Sabtu, 19 Agustus 2023, dan resepsi diplomatik pada tanggal 4 September 2023 mendatang. 

Seluruh WNI di Jenewa menyambut dengan antusias rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-78 sebagai bagian dari tradisi perayaan 17 Agustus di tanah air. Kegiatan peringatan hari kemerdekaan ini merupakan salah satu wujud kolaborasi guna  kuatkan  persatuan dan kesatuan WNI di luar negeri.

Baca Juga  Ini Tugas Ganjar Pranowo di PDIP Usai Kalah Pilpres 2024, Fokus Menangkan Pilkada 2024

Pilihan Editor: Bertepatan dengan HUT RI Ke-78, PSSI Umumkan Akun Resmi Timnas Indonesia

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *