Dubes AS Kembali Kunjungi Jurnalis Wall Street Journal di Penjara Rusia

TEMPO.CO, JakartaDuta Besar Amerika Serikat untuk Rusia Lynne Tracy bertemu dengan reporter The Wall Street Journal yang dipenjara Evan Gershkovich pada Senin, 14 Agustus 2023.

Ini merupakan kunjungan ketiganya sejak penahanan sang jurnalis atas tuduhan spionase pada Maret.

“Duta Besar Tracy mengatakan bahwa Evan dalam kesehatan yang baik dan tetap kuat, terlepas dari keadaannya,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri.

Washington berharap Moskow akan memberikan akses konsuler yang berkelanjutan. “Sekali lagi, Amerika Serikat meminta Federasi Rusia untuk segera membebaskan Evan Gershkovich dan juga membebaskan warga AS yang ditahan secara tidak sah, Paul Whelan,” tambah juru bicara itu.

Rusia mengatakan Gershkovich tertangkap saat mencoba mendapatkan rahasia militer ketika dalam perjalanan ke kota Rusia Yekaterinburg. Moskow tidak memberikan rincian yang mendukung pernyataan itu. The Wall Street Journal juga membantah tuduhan tersebut.

Departemen Luar Negeri telah menetapkan Gershkovich dan Whelan ditahan secara keliru. Washington menggambarkan tuduhan terhadap kedua pria itu sebagai tidak berdasar. 

Whelan, mantan Marinir AS yang ditahan di Moskow pada 2018, menjalani hukuman 16 tahun di koloni hukuman Rusia atas tuduhan spionase.

Iklan

Rusia pernah menyetujui pertukaran tahanan tingkat tinggi dengan Amerika Serikat, terakhir tahun lalu ketika bintang bola basket Amerika Brittney Griner.

Ia dijatuhi hukuman di Rusia atas tuduhan narkoba, ditukar dengan Viktor Bout, seorang pedagang senjata Rusia yang dihukum di Amerika Serikat..

Tetapi Moskow mengatakan tidak ada pertukaran yang dapat terjadi dalam kasus Gershkovich sampai putusan tercapai. Sejauh ini belum ada tanggal yang ditetapkan untuk persidangannya.

Hubungan AS-Rusia berada pada titik terendah dalam lebih dari enam dekade setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Baca Juga  Awal Ramadan Kotak Amal Musala di Kawasan Kembangan Dicuri, Jutaan Rupiah Lenyap

Pilihan Editor: Rusia Pertimbangkan Pertemuan Perwakilan AS dengan Jurnalis WSJ

REUTERS



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *