Dispora DKI Apresiasi Langkah Fasta Jakarta Gelar Lomba Panjat Tebing untuk Cari Bibit Atlet

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi langkah Forum Alumni Siswa Pencinta Alam (Fasta) Jakarta yang mengadakan Lomba Panjat Dinding Tingkat Pelajar SMA dan sekolah sederajat se-DKI Jakarta, pada 4-5 November 2023.

Dinas menyebut, lomba yang digelar di Jakarta International Climbing (JIC), Kecamatan Cakung, Jakarta Timur ini bisa menjadi wadah pencaharian bibit-bibit baru untuk atlet panjat tebing.

Kepala Seksi Kerja Sama Keolahragaan Dispora DKI Jakarta, Tomi Ari Sudewo mengatakan, lomba ini sebagai bentuk pembinaan usia dini, dalam hal ini para pelajar.

Pemerintah daerah tentu mengapresiasi, apalagi dinas memiliki program pembinaan olahraga prestasi yang berkelanjutan.

Baca juga: Kepala Dispora DKI Jakarta Berharap Persija Bisa Menjunjung Sportivitas Saat Menjamu Persikabo 1973

“Nantinya para juara ini kalaupun memang terus berlatih bisa masuk ke dalam program itu, dan bisa nanti juga ke program olahraga pelajar,” kata Tomi saat ditemui di lokasi pada Sabtu (4/11/2023) petang.

Menurut dia, kegiatan ini sangat positif bagi anak-anak yang memiliki energi lebih. Mereka dapat menyalurkan energinya untuk kegiatan olahraga yang tentunya positif bagi kesehatan fisik dan mental.

“Oleh karena itu aspek-aspek psikomotor lah yang akan dibina di sini yang tentunya akan memberikan dampak energi positif atau prestasi bagi anak itu sendiri, sehingga mereka bisa tumbuh rasa percaya dirinya, dan berkembang tidak hanya berprestasi secara akademik tetapi dalam bidang lainnya yaitu olahraga,” jelas Tomi.

Sementara itu Ketua Pengurus Provinsi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) DKI Jakarta Hendri Camar berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi agenda rutin setiap tahun.

Baca juga: Andika Sulaeman, Raih Medali Emas di SEA Games 2023, Sedih Dispora DKI Jakarta tak Menghargainya

Baca Juga  Rencana Tambah Kementerian Mendapat Sorotan, Tanda Sinyal Buruk Lemahnya Posisi Prabowo

Soalnya lomba ini bisa membantu FPTI dalam mencari bibit atlet berprestasi yang bisa dibawa ke Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) hingga Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas).

“Ada beberapa tingkatan Pelatda di Jakarta yang pertama dikelola Dispora dan FPTI. Untuk FPTI itu Pelatda lapis satu dan lapis dua, Pelatda yang lapis satu ini yang kami kirim untuk babak kualifikasi di ajang PON 2024,” kata Hendri.

Sedangkan Ketua Fasta Jakarta, Adjie Rimbawan menambahkan, pihaknya berkeinginan untuk meningkatkan ketrampilan dan prestasi para pelajar di Jakarta pada bidang panjat tebing.

Selama ini ekstrakurikuler Siswa Pencinta Alam (Sispala) di sekolah hanya dianggap sebagai kegiatan sebatas hobi.

“Prestasinya dianggap nggak ada, nah mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini akan ada prestasi dari anak-anak di Sispala,” ujar Adjie.

Berdasarkan catatannya, ada 168 pelajar SMA dan sederajat di Jakarta yang mengikuti ajang ini. Mereka berasal dari 30 sekolah yang ada di lima Kota Jakarta.

“Untuk pemenang nantinya akan mendapatkan piala dan produk outdoor, Juara 1 mendapat Rp 1,5 juta; Juara 2 Rp 1 juta dan Juara 3 Rp 750.000,” pungkasnya. (faf)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *