Bos Miss Universe Indonesia Janjikan Investigasi Pelecehan Seksual, Bantah Soal Suap

TEMPO.CO, Jakarta – National Director and Owner Miss Universe Indonesia, Poppy Capella, menyatakan telah melakukan investigasi internal terhadap tuduhan pelecehan seksual yang dialami para peserta Miss Universe Indonesia 2023. Pelecehan ataupun kekerasan seksual bermodus body checking saat malam grand final kontes kecantikan itu pada Selasa 1 Agustus 2023.

“Kami telah melakukan investigasi dan memeriksa hal-hal yang dituduhkan kepada kami, yang mana kami mengetahui hal tersebut dari media massa,” tutur Poppy dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari Instagram @missuniverse_id, Rabu 9 Agustus 2023.

Pelecehan seksual dilaporkan terjadi di Hotel Sari Pacific, Jakarta. Para peserta tiba-tiba diminta menjalani apa yang disebut body checking. Tak ada dalam jadwal, pemeriksaan juga dilakukan dengan ganjil karena tubuh para peserta yang diminta hanya menyisakan celana dalam itu direkam lewat kamera ponsel. Ruangan yang digunakan juga tidak privat dan pemeriksaan tidak dilakukan sesama perempuan.

Mellisa Anggraini, pengacara yang mendampingi sebagian peserta itu melapor ke Polda Metro Jaya mengatakan, agenda body checking itu dilakukan dadakan tanpa sepengetahuan korban sebelumnya. Mereka juga disebutnya merasa tidak nyaman dan sakit hati karena tidak dihargai sebagai perempuan. “Para korban ini ingin mendapatkan keadilan,” kata Mellisa di Polda Metro Jaya, Senin, 7 Agustus 2023.

Iklan

Laporan peserta Miss Universe Indonesia 2023 teregistrasi dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA. Penyelenggara diadukan menggunakan Pasal 4, 5, 6, 14, 15 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

Suap di Kontes Miss Universe Indonesia Dibantah

Poppy menyatakan investigasi juga dilakukan atas kabar miring lainnya dari ajang Miss Universe Indonesia 2023, yakni dugaan suap dari seorang peserta agar dimenangkan. Namun, soal ini, Poppy telah membantahnya. “Kami akan segera mengambil sikap maupun tindakan yang perlu dilakukan terkait permasalahan ini agar menjadi jelas dan terang kebenarannya,” kata Poppy Capella.

Baca Juga  Jangan Salah Bedakan Gejala Gagal Jantung dan GERD

Pilihan Editor: Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, Heru Budi Bilang Butuh Kolaborasi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *