Blibli Gunakan Teknologi AI untuk Retur Barang, Deteksi Kerusakan Barang Lebih Cepat 50 Persen

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Platform e-commerce Blibli melakukan inovasi bisnis dengan penerapan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan maupun algoritma machine learning (ML) pada proses retur barang secara instan.

Solusi Retur Instan merupakan fitur purnajual Blibli yang memungkinkan pengguna melakukan retur atau mengembalikan produk yang dibeli bila ada ketidaksesuaian. Proses tersebut dilakukan melalui website maupun aplikasi Blibli dan telah menggunakan AI.

Head of Business Process Transformation Blibli, Azizah Purwitasari menjelaskan, pada proses ini, fitur AI Damage Product Detection akan bekerja untuk mendeteksi kondisi barang yang ingin dikembalikan secara otomatis melalui foto yang dilampirkan pelanggan, dan langsung memberikan rekomendasi solusi.

Sebagai contoh, apabila barang diterima dalam keadaan rusak, hasil deteksi AI pada foto akan memberi instruksi ke pusat retur barang untuk segera mengirim produk pengganti.

“Berkat teknologi AI dan ML, proses deteksi kerusakan dan rekomendasi solusi ini kini lebih cepat hampir 50 persen,” ungkap Azizah dalam keterangan resmi, Senin (29/1/2024).

Cara menggunakan Retur Instan

Untuk memanfaatkan fitur Retur Instan, cukup mengikuti panduan pada form yang muncul di aplikasi dan website Blibli, termasuk wajib melampirkan foto produk, maka teknologi AI Damage Product Detection akan melakukan pengecekan otomatis terkait kondisi barang yang ingin dikembalikan.

“Selanjutnya AI Auto Solution Recommendation akan menggunakan data hasil pengecekan tersebut beserta data riwayat belanja pelanggan dan ketentuan retur produk,” ujar Azizah.

Azizah menyebut bahwa saat ini, pengembalian barang di Blibli telah menjangkau seluruh Indonesia, bekerja sama dengan delapan mitra logistik dengan lebih dari 47.800 lokasi titik retur yang tersebar di seluruh Tanah Air.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Terbaru Tampil di GIIAS 2023, Dijual Tahun Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *