Banyak APK Semrawut dan Meresahkan di Jakarta, Warga Diminta Tidak Tertibkan Sendiri

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA BARAT — Meski keberadaan alat peraga kampanye (APK) berupa baliho kerap meresahkan warga lantaran pemasangannya yang semrawut dan membahayakan pengendara, namun warga diminta untuk tidak melakukan penertiban secara mandiri.

Hal itu disampaikan pengamat tata kota Universitas Trisakti, Nirwono Yoga saat dihubungi, Selasa (23/1/2024).

Menurutnya, penertiban APK semrawut secara mandiri oleh warga hanya akan menimbulkan gesekan di masyarakat, apalagi memasuki musim politik sekarang ini.

“Masyarakat tetap diimbau untuk tidak bertindak sendiri menertibkan APK agar tidak terjadi gesekan sosial,” kata dia.

Alih-alih melakukan penertiban sendiri, Nirwono menyarankan agar masyarakat melapor kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) atau pengurus kelurahan setempat, apabila menemukan APK yang meresahkan.

“Bawaslu didampingi TNI Polri dan aparat kelurahan setempat serta perwakilan partai politik dapat menertibkan APK tersebut,” jelas Nirwono.

Oleh karena itu, Nirwono berpesan kepada Bawaslu di berbagai daerah DKI Jakarta agar segera melakukan penertiban terhadap APK yang melanggar aturan. 

“Bawaslu dengan Pemprov DKI dan perwakilan partai politik harus segera menertibkan seluruh APK yang membahayakan keselamatan umum untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, alat peraga kampanye (APK) berupa baliho calon legislatif (caleg), kembali memakan korban pengendara motor, di Jalan Daan Mogot, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Hal itu diketahui dari video viral yang tersebar di media sosial instagram, Sabtu (20/1/2024) lalu.

Baca juga: Pengendara Tertimpa Baliho, Bawaslu DKI Desak Peserta Pemilu Copot APK Terpasang di Median Jalan

Dalam video tersebut, nampak sebuah baliho besar yang ditopang dengan kayu di median jalan ambruk dan mengendarai pengendara sepeda motor di jalur Transjakarta. 

Dari yang terlihat, pengendara motor berseragam ojek online (ojol) terduduk sembari menahan sakit di median jalan.

Baca Juga  Gunawan Bantah Selingkuh, Okie Agustina Sudah Yakin Ingin Cerai: Dia Bebas Berbicara Apapun

Sejumlah pengendara lain pun langsung berupaya membantu korban dan menyingkirkan baliho yang belum diketahui dari partai mana.

Pasalnya video tersebut hanya memperlihatkan bagian belakang baliho. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *