Bagaimana Finalis Miss Universe Indonesia Berani Bicara soal Pelecehan?

TEMPO.CO, Jakarta – Mellisa Anggraini mengatakan 30 peserta Miss Universe Indonesia 2023 diduga mengalami pelecehan seksual saat pemeriksaan tubuh (body checking). Dia menyebut awalnya ada tiga orang yang bicara, kemudian satu per satu ikut bersuara untuk memperjuangkan masalah ini.

“Mereka, kan, memang agak khawatir. Inilah rata-rata yang dirasakan oleh korban pelecehan, mereka takut adanya victim blaming, mereka takut adanya judging, mereka takut adanya tekanan atau intimidasi,” ujar Mellisa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 10 Agustus 2023.

Mellisa menerima kuasa sebagai pengacara dari delapan orang. Korban pun telah melaporkan perkara ini ke Polda Metro Jaya pada Senin, 7 Agustus 2023.

Pengacara itu mengatakan para finalis diajarkan oeh para pelatihnya untuk melawan kekerasan seksual. Pembelajaran itu diberikan selama proses karantina peserta.

“Jadi jangan sampai ketika itu mereka yang mengalami tidak berani speak up,” tutur Mellisa Anggraini.

Pelecehan seksual diduga terjadi di sebuah bilik ballroom Sari Pacific Hotel, Jakarta, pada 1 Agustus 2023, atau dua hari sebelum grand final. Dari bilik dilakukan pemeriksaan tubuh yang dianggap sembrono karena tidak tertutup dan tidak menghormati privasi finalis.

Lalu seorang COO (Chief Operating Officer) acara diduga memotret tubuh finalis tanpa busana menggunakan ponsel. Para peserta mengatakan agenda itu dadakan dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Iklan

“Mereka tahunya semuanya fitting (pencocokan pakaian),” kata Mellisa di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023.

Atas kejadian itu, finalis ada yang tak kuasa menangis atas perlakuan yang didapatkan. Lalu korban pun mulai berani bicara di hadapan publik melalui berbagai media massa atau podcast artis.

National Director and Owner Miss Universe Indonesia Poppy Capella angkat bicara soal isu yang menerpa dalam kontes kecantikan ini. Menurutnya pemberitaan selama ini di media massa menjadi perhatian pihaknya.

Baca Juga  Teriakan Minta Tolong Seorang Pemulung di Tanah Abang sebelum Ditemukan Tewas di Trotoar

“Kami telah melakukan investigasi dan memeriksa hal-hal yang dituduhkan kepada kami, yang mana kami mengetahui hal tersebut dari media massa,” tutur Poppy dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari Instagram @missuniverse_id, Rabu, 9 Agustus 2023.

Pilihan Editor: Jokowi Ajak Artis Jajal LRT, Buruh Demo hingga Malam Menanti Presiden



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *