Apa Saja Manfaat Perdagangan Internasional?

TEMPO.CO, Jakarta – Perdagangan internasional mungkin bisa menjadi langkah yang bagus untuk mengembangkan bisnis Anda. Ekspansi ke pasar luar negeri bisa menjadi peluang untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Selain peluang untuk meningkatkan profit bisnis Anda, adakah manfaat perdagangan internasional lainnya?

Secara sederhana perdagangan internasional dapat dipahami sebagai pertukaran komoditas atau layanan antar negara. 

Pertukaran ini berupa impor yang memungkinkan masuknya barang dan jasa dari luar negeri ke dalam pasar domestik, dan juga ekspor, yakni menjual barang dan jasa ke negara lain. 

5 Manfaat Utama Perdagangan Internasional

Berikut 5 manfaat utama dari perdagangan internasional yang bisa Anda rasakan.

1. Jangkauan Pasar Luas dan Meningkatkan Pendapatan

Manfaat pertama yang Anda dapatkan ketika memulai berdagang di pasar internasional adalah bisa menjangkau pasar lebih luas dan meningkatkan pendapatan perusahan Anda. 

Setiap negara yang Anda tambahkan ke dalam daftar tujuan penjualan dapat membuka peluang baru bagi pertumbuhan bisnis dan peningkatan pendapatan Anda. 

2. Menjalin Hubungan Baik antar Negara

Seperti telah disebutkan dalam manfaat sebelumnya, menjangkau pasar luar negeri dapat berkontribusi dalam menjalin hubungan baik antar negara. 

Perdagangan internasional menimbulkan ketergantungan ekonomi antar negara yang dapat membentuk hubungan kerja sama yang kuat dalam berbagai bidang. 

Ketika negara-negara terlibat dalam suatu perdagangan yang signifikan maka mereka cenderung lebih menjauhkan diri dari konflik di sektor lain di antara sesama negara tersebut. 

3. Meningkatkan Reputasi Brand

Perdagangan internasional berperan penting juga dalam membangun brand perusahaan Anda. 

Jika Anda berhasil menjajakan produk di satu negara maka dapat berdampak pada keberhasilan di negara-negara lain, yang pada gilirannya meningkatkan reputasi perusahaan Anda.

4. Manajemen Risiko Semakin Baik

Iklan

Baca Juga  Sekjen Ganjarian Spartan Hengkang dari PSI, Pilih Fokus Galang Dukungan untuk Ganjar

Diversifikasi pasar adalah salah satu manfaat yang dirasakan ketika Anda berbisnis di perdagangan internasional

Diversifikasi pasar adalah strategi perusahaan dari sisi keuangan atau pemasaran. Hanya fokus di pasar lokal saja dapat menimbulkan peningkatan risiko pada kemerosotan ekonomi, pengaruh faktor politik, dan faktor risiko lainnya. 

Dengan ekspansi ke pasar luar negeri, perusahaan Anda dapat mengurangi potensi risiko yang terkait dengan pasar inti Anda. 

5. Menambah Lapangan Pekerjaan

Ketika bisnis Anda sudah sampai pasar luar negeri berarti permintaan produk meningkat. Secara alami kebutuhan akan pegawai kerja juga meningkat. 

Jadi, lebih banyak kesempatan kerja yang tersedia jika Anda memasarkan bisnis Anda ke pasar luar negeri. 

Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Internasional

Dalam dunia bisnis yang berkembang hingga ke pasar internasional tentu memiliki dampak yang signifikan, baik secara positif maupun negatif. 

1. Dampak Positif

Dampak positif dari perdagangan internasional adalah memberikan manfaat ekonomi bagi negara-negara yang terlibat dalam jalur perdagangan. Hal ini secara langsung dapat menjalin hubungan antar negara makin erat.

2. Dampak Negatif

Sisi lain dari perdagangan internasional memungkinkan timbulnya kompetisi berdagang antar negara. 

Salah satu faktor penentunya adalah ketidaksetaraan ekonomi antar negara. Hal ini berakibat pada negara dengan ekonomi yang lebih lemah menjadi mudah tersingkir dalam persaingan, sedangkan negara yang ekonominya sudah stabil terus meraih pertumbuhan dan kekayaan. 

Dampak negatif lainnya yang perlu diperhatikan adalah keamanan nasional suatu negara. Apabila kesepakatan perdagangan yang dibuat tidak tepat dapat mengakibatkan negara lain memutuskan hubungan kerja sama atau bahkan melakukan tindakan boikot.

DIAN RAHMAWAN (MAGANG SEO)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *