5 Makanan yang Aman Dikonsumsi Ketika Diare

TEMPO.CO, JakartaSeseorang yang sedang mengalami diare kerap tidak nyaman. Diare yang dialami banyak orang dapat berasal dari sebuah virus. Bagi anak-anak, diare muncul akibat dari viral gastroenteritis atau biasa disebut dengan flu perut.

Lalu, mengutip kidshealth.org, norovirus juga dapat menyebabkan diare berair dan dapat menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Selain virus, diare juga bisa disebabkan oleh bakteri salmonella, shigella, campylobacter, dan E. coli yang terdapat di makanan. 

Ketika diare sudah dialami berhari-hari, penderita dapat menjalankan diet BRAT. Diet tersebut adalah salah satu jenis pengobatan yang sering diresepkan oleh layanan kesehatan karena mengandung rendah serat. BRAT sendiri adalah singkatan dari Bread, Rice, Apple, dan Toast. Cara lain yang dapat dilakukan ketika sakit diare adalah memakan makanan yang memiliki protein rendah lemak. 

Rekomendasi Makanan yang Dapat Dikonsumsi Ketika Diare

1. Makanan yang Memiliki Kaldu

Penderita diare memerlukan masakan yang memiliki kaldu atau sup di dalamnya. Sebab, kedua santapan tersebut memiliki lemak dan serat yang rendah. Selain itu, sup dan kaldu juga mengandung beragam nutrisi yang dapat membantu melancarkan pencernaan. 

2. Pretzel dan Tortilla

Penderita diare disarankan untuk mengonsumsi makanan ringan yang asin, seperti pretzel dan tortilla. Sebab, kedua makanan tersebut menyediakan natrium dan elektrolit yang berguna untuk tubuh. 

3. Protein Rendah Lemak

Iklan

Pantangan dari penderita diare adalah makanan yang berminyak dan lemak tinggi. Sebab itu, mereka dapat mengonsumsi daging-dagingan yang direbus, seperti daging sapi tanpa lemak dan dada ayam. Melansir Insider, sumber protein tersebut dapat dibumbui dengan bumbu kering, seperti oregano, kemangi, rosemary, atau daun ketumbar. 

4. Pisang

Baca Juga  Drama Transfer Moises Caicedo: Brighton Sepakat dengan Liverpool, Tapi Pemain Ingin Gabung Chelsea

Penderita diare dianjurkan untuk memakan pisang karena terdapat karbohidrat yang mudah dicerna dan membantu kotoran melewati usus lebih mudah. Lalu, pisang juga mengandung pati resisten yang dapat mengurangi gejala diare.

5. Sayur-Sayuran yang Direbus

Penderita diare dilarang untuk memakan sayuran mentah sebab sulit dicerna oleh pencernaan dan menyebabkan kembung. Lebih baik mengonsumsi sayuran rebus, seperti wortel, kentang, dan kacang hijau. Sayuran rebus dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih nyaman.

Pilihan Editor: Seluruh Bayi di Indonesia Akan Dapatkan Imunisasi Tetes Rotavirus

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *