5 Makanan Manusia yang Aman untuk Dimakan Anjing

TEMPO.CO, Jakarta – Anjing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan, lalu sejauhmana makanan manusia aman untuk anjing? Diketahui memang anjing cukup dekat dengan manusia. Beberapa orang yang memelihara anjing, terkadang membagi makanannya ke anjing mereka.

Namun, perlu diperhatikan bahwa anjing tak memiliki pencernaan yang sama dengan manusia. Orang yang ingin memberikan makanannya kepada anjing harus berhati-hati. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 makanan manusia yang dapat dikonsumsi anjing.

1. Wortel

Wortel mentah atau wortel yang telah dimasak merupakan makanan yang aman bagi anjing. Wortel rendah kalori dan merupakan sumber vitamin, mineral, serta serat yang baik bagi anjing peliharaan.

Hal ini berarti wortel justru adalah makanan yang sangat sehat untuk dijadikan camilan bagi anjing. Sebelum memberikan wortel pada anjing, pastikan wortel telah dipotong menjadi ukuran sekali gigit untuk menghindari anjing dari tersedak.

2. Selai Kacang

Selai kacang merupakan camilan yang sehat dan aman untuk dimakan anjing. Namun, perlu diperhatikan bahwa selai kacang mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Jadi, hal yang paling aman adalah batasi anjing ketika mengonsumsi selai kacang agar anjing terhindar dari obesitas.

Selain itu, pastikan untuk memberi anjing selai kacang yang tawar tanpa garam. Selai kacang biasanya memiliki bahan tambahan yang ditambahkan ke dalamnya, seperti garam, yang dapat berbahaya bagi anjing.

3. Telur

Iklan

Telur yang telah dimasak sangat aman dan memiliki banyak gizi untuk anjing. Satu butir telur ukuran sedang mengandung hampir semua vitamin dan mineral. Telur juga mengandung banyak protein.

Penting untuk dicatat bahwa memberikan telur mentah kepada anjing harus dihindari. Meskipun anjing biasanya tidak sakit karena memakan telur mentah, bakteri seperti Salmonella dapat menyebar dari anjing ke pemiliknya sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Baca Juga  Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta 2024 Perkenalkan Bahasa Indonesia kepada 30 Penutur Asing

4. Salmon

Salmon yang telah dimasak dan tanpa tulang merupakan makanan yang aman dan sehat bagi anjing. Salmon adalah sumber asam lemak omega 3 yang baik yang dapat mengurangi peradangan dan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu anjing Anda .

Namun, perlu diperhatikan bahwa salmon mentah tidak boleh diberikan kepada anjing. Salmon mungkin mengandung parasit yang diketahui menyebabkan penyakit keracunan salmon yang dapat berakibat fatal.

5. Semangka

Semangka aman untuk dimakan anjing, selama tidak mengandung kulit atau bijinya. Kulit dan biji semangka dapat menyebabkan bahaya tersedak dan beberapa orang mengklaim bahwa mereka dapat menyebabkan masalah pencernaan pada anjing. Namun, buah semangka sendiri merupakan makanan yang sangat sehat untuk anjing karena rendah kalori dan kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan vitamin C.

Pilihan editor: 7 Makanan Manusia yang Berbahaya Bagi Anjing



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *