4 Cara Merawat Kulit di Musim Hujan, agar Tetap Sehat dan Glowing

CANTIKA.COM, Jakarta – Musim hujan membawa rasa lega dari panas terik yang menyengat, tetapi juga membawa tantangan tersendiri bagi kulit karena peningkatan kelembapan. Udara yang lembap dapat membuat kulit rentan berjerawat, kusam, dan infeksi. Namun, dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat, Anda tetap menjaga kulit sehat dan glowing di musim hujan. Berikut cara merawat kulit di musim hujan menurut Rhythm Vats Bhardwaj, Co-Founder Riyo Herbs, dikutip dari laman Hindustan Times, 31 Juli 2023.

1. Bersihkan Kulit secara Teratur

Selama musim hujan, kulit terpapar kelembapan yang berlebih, sehingga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat. Untuk mengatasi hal ini, sangat penting dengan membersihkan kulit wajah secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, keringat, dan minyak berlebih.

Pilih pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit, serta gunakan dua kali sehari. Selain itu, Anda dapat melanjutkannya dengan pemakaian toner untuk menghilangkan kotoran yang tersisa dan mengembalikan keseimbangan pH kulit.

2. Hidrasi dan Melembapkan Kulit

Meski cuaca relatif lembap saat musim hujan, bukan berarti kulit tidak membutuhkan hidrasi. Air hujan dan kelembapan dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit, lalu menjadikannya kusam dan kering.

Iklan

Untuk mempertahankan kulit glowing, pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari untuk menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi. Selain itu, gunakan pelembap ringan yang sesuai dengan jenis kulit untuk mengunci kelembapan dan mencegah kulit kering.

Carilah produk nonkomedogenik dan berbasis air untuk menghindari penyumbatan pori-pori.

3. Lakukan Eksfoliasi secara Teratur

Pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit apa pun, dan menjadi lebih penting lagi selama musim hujan. Kelembapan yang meningkat dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati sehingga kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya.

Baca Juga  Mahfud MD Dilaporkan Karena Dituduh Hina Gibran, Ganjar: Jangan-jangan Saya Juga Sebentar Lagi

Pengelupasan kulit sekali atau dua kali dalam seminggu dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan merangsang pembaharuan sel.

Pilih eksfoliator lembut yang sesuai dengan jenis kulit untuk menghindari iritasi dan kerusakan. Eksfoliasi secara teratur akan memperlihatkan kulit yang segar dan bercahaya, memungkinkan penyerapan produk perawatan kulit yang lebih baik.

4. Tabir Surya

Banyak orang cenderung mengabaikan produk perlindungan matahari selama musim hujan, dengan anggapan bahwa awan akan melindungi mereka dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Namun, penting untuk diingat bahwa sinar UV dapat menembus awan, menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini.

Oleh karena itu, mengoleskan tabir surya harus menjadi bagian penting dari rutinitas perawatan kulit di musim hujan. Pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan aplikasikan dengan lembut ke wajah hingga bagian tubuh yang terbuka sebelum keluar rumah. Oleskan kembali setiap beberapa jam, terutama jika Anda basah kuyup karena hujan atau keringat berlebih.

Dengan sejumlah cara merawat kulit di musim hujan di atas, Anda dapat menjaga kulit tetap sehat dan glowing.

Pilihan Editor: 3 Hal Dasar Dalam Perawatan Kulit Harian, Apa yang Sering Terlewat Olehmu?

 

AN NISA RISTIANTI | HINDUSTANTIMES

 Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *