10 Negara dengan Polusi Udara Terburuk Di Dunia, Indonesia Masuk

TEMPO.CO, Jakarta – Polusi udara saat ini menjadi tantangan serius di berbagai belahan dunia. Berdasarkan Peta Kualitas Udara Dunia yang dirilis IQAir pada Rabu, 8 Agustus 2023, terdapat beberapa negara dengan indeks kualitas udara terburuk di Dunia.  IQAir telah mengukur polusi udara di 108 negara di seluruh dunia dan peringkat teratas dengan polusi udara terburuk mayoritas berada di benua Asia.

Seperti diketahui, polusi udara dapat menyebabkan masyarakat menghirup udara yang mengandung sumber polutan. Hal itu tentu dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti masalah pernapasan hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Lantas, apa saja negara polusi terburuk di dunia? Untuk mengetahuinya, simak daftar negara dengan polusi udara terburuk di dunia berikut ini. 

Daftar Negara dengan Polusi Udara Terburuk

Untuk mengetahui tingkat polusi udara di suatu wilayah, IQAir menetapkan Indeks Kualitas Udara (AQI) dengan rentang nilai berkisar dari 0 hingga 500. Wilayah dengan angka AQI rentang 0 hingga 50 dianggap memiliki kualitas udara yang tergolong baik. Sementara nilai di atas 300 diindikasi memiliki tingkat polusi udara yang berpotensi membahayakan. Berikut ini adalah deretan negara yang dinilai memiliki polusi udara buruk menurut IQAir.

1. India

India dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia. Kota Delhi menjadi kota di India yang memiliki kualitas udara buruk karena kepekatan partikel-partikel berbahaya yang melebihi batas aman WHO. Berdasarkan pengukuran AQI, indeks kualitas udara di Delhi India adalah 151 yang berarti tingkat kualitas udaranya tidak sehat. Penduduk berpotensi mengalami peningkatan gangguan jantung dan paru-paru serta dampak kesehatan di kalangan masyarakat, terutama untuk kelompok sensitif.



Quoted From Many Source

Baca Juga  IPW Minta Polri Dalami Dugaan Bisnis Senjata Api Rakitan di Kasus Penembakan Bripda IDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *